Honda PCX vs Yamaha NMAX: Siapa Rajanya?

 

Honda PCX vs Yamaha NMAX: Siapa Rajanya?

1. Latar Belakang

Honda PCX dan Yamaha NMAX adalah dua skuter matik premium populer di Indonesia. Keduanya berada di kelas atas (kelas 150‑160 cc) dan ditujukan untuk pengguna yang mencari kenyamanan, fitur lengkap, dan tampilan bergaya. Persaingan antara keduanya sudah berlangsung beberapa tahun, dan tiap generasi PCX dan NMAX terus saling menyodok di aspek performa, kenyamanan, desain, fitur, dan juga harga.



2. Spesifikasi Utama

Berikut perbandingan spesifikasi antara varian terbaru PCX 160 dan NMAX 155:

Fitur / SpesifikasiHonda PCX 160 (2024/2025)Yamaha NMAX 155 (2024‑2025)
MesineSP+ 4 katup, 156,9 cc, injeksi, pendingin cairan IDN Times+3mpm-honda.com+3Mobil123+3155 cc SOHC + VVA, injeksi, pendingin cairan Manado Post+3Autofun+3IDN Times+3
Tenaga Maksimum± 16 PS / 8.500 rpm mpm-honda.com+2Mobil123+2± 15,4 PS / 8.000 rpm Autofun+2IDN Times+2
Torsi± 14,7 Nm @ 6.500 rpm Manado Post+3Mobil123+3mpm-honda.com+3± 13,9 Nm @ 6.500 rpm IDN Times+1
Berat & DimensiBobot ±131‑132 kg tergantung varian mpm-honda.com+2Halo Honda+2; tinggi jok ~764 mm Mobil123+2Halo Honda+2Berat isi sekitar 132 kg Autofun+2Liputan6+2; tinggi jok ~765 mm Liputan6+1
Fitur Keselamatan & Fitur TambahanABS (varian tertentu), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Idling Stop System, rem cakram depan + belakang, suspensi ganda belakang, rangka Double‑Cradle mpm-honda.com+4Mobil123+4IDN Times+4ABS dual channel pada tipe atas, fitur koneksi smartphone (Y‑Connect), sistem Start‑Stop (ISS), rem cakram depan & belakang MUF Online Autoshow+3IDN Times+3Autofun+3
Kapasitas Bagasi & KepraktisanBagasi PCX cukup luas, fitur kenyamanan seperti tangki bensin depan, ruang kaki; jok cukup lebar; ground clearance cukup mendukung kenyamanan Banjarnegaraku+3Mobil123+3mpm-honda.com+3Bagasi & ruang kaki juga baik; posisi riding lebih tegak; kaki depan beberapa varian dilengkapi gantungan barang, ruang gadget etc. Cinchy Life+2Autofun+2
Harga / NilaiHarga varian PCX sedikit lebih tinggi di beberapa varian (terutama varian atas) dibanding NMAX; lebih fokus pada kualitas premium & kenyamanan Manado Post+2Blackxperience+2Harga sedikit kompetitif terutama di varian‑standar; menawarkan fitur yang mendekati premium bagi yang tidak ingin keluar dana terlalu besar IDN Times+1

3. Kelebihan & Kekurangan Masing‑Masing

Honda PCX: Kelebihan

  • Rasa kenyamanan tinggi, terutama saat riding jauh atau boncengan banyak, berkat suspensi ganda belakang dan ergonomi jok/lebar bodi. Banjarnegaraku+2Mobil123+2

  • Mesin lebih halus dan torsi bawah‑tengah yang baik; akselerasi dari keadaan stasioner terasa mantap untuk skuter di kelasnya. IDN Times+1

  • Fitur keselamatan & kontrol modern seperti HSTC, ABS, dan Idling Snulltop System, yang menambah rasa aman & efisiensi bahan bakar. Mobil123+2Banjarnegaraku+2

  • Nilai estetika dan kesan premium lebih kuat; desain elegan dan detail finishing yang bagus. Banjarnegaraku+1

Honda PCX: Kekurangan

  • Harga beberapa varian bisa lebih mahal dibanding NMAX varian setara. Manado Post+1

  • Ukuran bodi yang lebih lebar mungkin sedikit kurang lincah di jalan sempit atau padat dibanding motor yang lebih ramping.

  • Perawatan varian premium mungkin memerlukan biaya sedikit lebih tinggi, terutama jika banyak fitur tambahan. (Komponen keamanan & kontrol tambahan)

Yamaha NMAX: Kelebihan

  • Tampilan sporty dan agressif, lebih menarik bagi mereka yang suka gaya “lebih maskulin / sporty”. Banjarnegaraku+1

  • Fitur koneksi digital seperti Y‑Connect yang memudahkan integrasi dengan smartphone; fitur keselamatan ABS dual channel pada varian atas. IDN Times+2Autofun+2

  • Bobot & dimensi cukup bersaing, handling cukup gesit terutama di putaran menengah atau saat memerlukan overtaking. IDN Times+2Cinchy Life+2

  • Banyak varian pilihan sehingga bisa menyesuaikan budget & kebutuhan fitur.

Yamaha NMAX: Kekurangan


  • Torsi bawah mungkin sedikit kalah dibanding PCX, terutama saat beban berat atau dari keadaan berhenti.

  • Kenyamanan suspensi agak terasa “matagtag” pada beberapa kondisi; handling di jalan rusak perlu hati‑hati. Beberapa pengguna melaporkan getaran / tidak setengah halus PCX di putaran bawah.

  • Fitur premium mungkin terbatas di varian standar; fitur keselamatan varian atas disertai harga yang lebih tinggi.


4. Siapa Lebih Cocok Untuk Siapa?

Tidak ada satu jawaban mutlak yang cocok untuk semua orang. Pilihan terbaik tergantung pada prioritas kamu. Berikut skenario untuk membantu menentukan:

Prioritas / KebutuhanLebih Cocok: Honda PCXLebih Cocok: Yamaha NMAX
Kenyamanan harian + sering membawa penumpang / bebanPCX (suspensi lebih premium, jok & ergonomi, storage lebih nyaman)Bisa NMAX jika tidak terlalu sering beban berat, tapi PCX lebih unggul di aspek kenyamanan penuh
Keamanan & kendali lancar di kecepatan tinggi / jalan luar kotaPCX dengan HSTC dan ABS yang baikNMAX juga punya ABS, tapi karakter agak agresif / responsif berarti kontrol harus lebih aktif
Fitur digital & konektivitasNMAX (Y‑Connect & banyak varian)PCX juga sudah ada fitur modern, tapi NMAX sedikit lebih “berbandrol fitur” di varian atas dengan integrasi gadget
Budget terbatas / nilai uangNMAX mungkin lebih menarik di varian yang lebih “mungil” atau standar karena harga mungkin sedikit lebih ringanPCX tetap premium → kalau budget ada, PCX sangat layak dipertimbangkan
Gaya / estetikaJika suka desain mewah, elegan → PCXJika suka gaya sporty, agresif → NMAX

5. Kesimpulan: Siapa Rajanya?


Jadi, siapa yang “raja”?

  • Honda PCX unggul di aspek premium comfort, fitur keselamatan dan kenyamanan berkendara dalam berbagai kondisi, terutama jika kamu menghargai pengalaman berkendara yang halus, mewah, dan fitur lengkap.

  • Yamaha NMAX unggul di aspek gaya sporty, fitur digital, dan value for money di varian standar hingga menengah, terutama untuk pengguna yang ingin banyak fitur dalam harga yang lebih kompetitif dan siap “berkendara yang lebih aktif / responsif”.

Kalau aku harus memilih: PCX sedikit lebih mendekati “raja kenyamanan” dan “raja premium” di kelasnya, sementara NMAX adalah raja untuk mereka yang menginginkan keseimbangan antara gaya sporty, fitur modern, dan performa yang responsif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama