Teknologi eSP+ Honda, Dan Apa Bedanya?

 

Teknologi eSP+ Honda, Apa Bedanya?

Dalam dunia sepeda motor matic, teknologi terus berkembang demi memenuhi tuntutan efisiensi, performa, dan kenyamanan. Salah satu teknologi terbaru yang diperkenalkan Honda adalah eSP+ (enhanced Smart Power Plus). Teknologi ini mulai digunakan pada skutik Honda kelas 150cc ke atas, seperti Honda PCX 160, ADV 160, dan Vario 160. Namun, banyak yang masih bertanya-tanya: apa bedanya eSP+ dengan eSP biasa?

Yuk, kita bahas lebih dalam tentang teknologi eSP+ dan keunggulannya dibanding generasi sebelumnya.


Sekilas tentang eSP dan eSP+


  • eSP (enhanced Smart Power): Teknologi mesin Honda yang dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi gesekan mesin, dan membuat mesin lebih halus. Teknologi ini umum digunakan pada motor matic 110–125cc seperti BeAT, Scoopy, dan Vario 125.

  • eSP+ (enhanced Smart Power Plus): Versi penyempurnaan dari eSP yang hadir untuk motor dengan kapasitas mesin lebih besar, terutama 150–160cc. Fokus utama eSP+ adalah performa tinggi dengan tetap menjaga efisiensi dan emisi rendah.


Perbedaan Utama Teknologi eSP dan eSP+

FitureSP (lama)eSP+ (baru)
Silinder2 klep (2 valve)4 klep (4 valve)
PendinginanCairan (Liquid-cooled)Cairan (lebih efisien)
Efisiensi BBMSangat baikTetap baik meski tenaga besar
Performa MesinHalus dan ekonomisLebih bertenaga dan responsif
Pengurangan GesekanYaLebih ditingkatkan
Kapasitas Mesin Umum110–125 cc156–160 cc

Keunggulan Teknologi eSP+


🔧 1. Mesin 4-Valve Lebih Responsif

Dengan penggunaan 4 katup, aliran udara dan bahan bakar menjadi lebih optimal, sehingga tenaga meningkat dan efisiensi pembakaran lebih baik.

🌡️ 2. Pendinginan Lebih Stabil

Radiator yang diperbesar dan sistem sirkulasi cairan pendingin yang lebih efisien menjaga suhu mesin tetap ideal, terutama saat digunakan dalam perjalanan jauh atau di kemacetan.

🧘 3. Getaran dan Suara Mesin Lebih Halus

Meski lebih bertenaga, eSP+ tetap mempertahankan karakter mesin Honda yang halus dan minim getaran.

🛡️ 4. Ramah Lingkungan

eSP+ dirancang untuk memenuhi standar emisi Euro 4 bahkan siap untuk Euro 5, menjadikannya lebih ramah lingkungan.


Motor Honda yang Menggunakan Teknologi eSP+

  • Honda PCX 160

  • Honda ADV 160

  • Honda Vario 160

Semua motor ini memiliki performa jauh lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya yang masih menggunakan mesin 150cc 2-klep dengan eSP biasa.


Kesimpulan

Teknologi eSP+ adalah evolusi besar dari eSP, bukan sekadar tambahan kecil. Dengan 4-valve, tenaga lebih besar, dan efisiensi yang tetap terjaga, eSP+ menjawab kebutuhan pengendara modern yang ingin motor matic dengan performa tinggi, hemat, dan nyaman digunakan harian.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama