Gaes, ternyata ini sebabnya kenapa CVT di motor matic bisa bunyi klotok-klotok.
Yap, gejala slide piece CVT motor matic minta diganti mirip seperti gejala kerusakan pada mesin.
Kok bisa? Pasalnya, posisinya berada sejajar dengan kruk as. CVT bunyi klotok-klotok ini sering terjadi di Honda Vario maupun PCX.
"Pada Honda PCX 150 berumur 20.000 km biasanya slide piecenya sudah mulai oblak," buka Ryan Fasha pemilik bengkel K.1 Garage di Tambun, Bekasi.
Cara kerja slide piece ini menggerakan pulley depan maju dan mundur secara halus dan teratur.
Bila slide piece ini aus atau rusak, dampaknya gerakan pulley depan yang enggak lancar.
"Efek lainnya membuat suara CVT jadi kasar," kata Ryan yang juga mekanik ini.
Terutama ketika motor dalam kondisi idle atau langsam.
Biasanya slide piece rusak klok klok klok" yang ada di area CVT motor matic.
Sebaiknya komponen yang dikenal sebagai slider ini diganti baru daripada hanya diganjal.
Yap, di pasarankomponen original ini masuk cukup terjangkau. Harganya mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 35 ribu saja untuk satu setnya yang berisi 3 buah.
Nah, itulah sebabnya kenapa CVT motor matic bunyi klotok-klotok gaes.