Modifikasi Yamaha Gear Ultima 125
Ini adalah sebuah Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid versi modifikasi. yang konsepnya relate banget dengan target market motor ini. Keluarga muda yang butuh kendaraan operasinal harian tapi mau tampil kece gak pakai mahal.
“Gue dikasih tantangan mewujudkan modifikasi dengan budget minim. Ini cuma Rp 5 jutaan. Untuk membuktikan coba hitung saja sendiri,” buka Atenx Katros yang dipercaya jadi eksekutor modifikasi beraura sporty.
Modifikasi Yamaha Gear Ultima garapan Atenx Katrox
Gear Ultima 125 Hybrid tipe S atau tipe tertinggi ini langsung dibongkar. Bodi kena labur warna baru. Perpaduan silver dan garis biru di bodi samping sekilas mirip mobil-mobil Jepang berteknologi hybrid. Ketika diaplikasi ke motor ternyata boleh juga.
Bodi kasar di bawah setang pun tak luput dari pelapisan cat, membuat hampir semua bodi motor lihat glossy dan mewah. Untuk pelek, warna gold jadi pilihan. Sepertinya dari modifikasi ini yang paling lama adalah nunggu cat kering hehe.
“Total cuma 3 hari saja untuk pengerjaanya,” kekeh pemilik nama asli Andi Akbar ini.
Beberapa ornament custom ikut ditambahkan, seperti emblem Hybrid dan cover dek pijakan pembonceng anak. Lainnya, hampir semua adalah part bolt-on. Yuk kita runut. Dimulai dari suspensi depan satu set merek VND yang aslinya untuk Fazzio.
Down size sedikit saat dipasang, biar pas fitting-nya, sehingga dari samping terlihat jarak antara ban dan sepatbor tidak terlalu jauh. Hasil tampak lebih proporsional ya.
“Sok depan ini cuma Rp 1 jutaan saja,” jelasnya sambil menunjukan pelek hingga pengereman, semua masih standar. “Ban saja yang sudah ganti, depan belakang pakai yang profilnya lebih tinggi,”
Jika standarnya 110/70-12, diganti pakai Kingland tipe KING Anaconda ATX-7 100/90-12. Efeknya, dari samping motor jadi terlihat lebih padat.
Suspensi belakang hanya pakai KYB Zeto, harganya tak terlalu mahal tapi bikin tampilan lebih sporty. Apalagi setelah sepatbor belakang dipotong lebih pendek.
Naik ke atasnya ada box kecil yang dipasang di behel standar bawaan motor. Atenx hanya harus membuat dudukan kecil agar boks Rp 900 ribuan ini bisa terpasang dengan sempurna.
Di area kemudi ada beberapa aksesoris yang terpasang. “Handle grip murah cuma Rp 100 ribuan warnanya cocok sama bodi,” tutur Atenx. Sedang untuk mesin, semua dibiarkan standar.
“Cuma ganti knalpot silent merek VND juga,” terangnya sambil menjelaskan ada ubahan juga di kulit pelapis joknya.